Sabtu, 07 Maret 2015

Model pembelajaran Jaring Laba-laba


1.      PEMBELAJARAN TERPADU MODEL
 JARING LABA-LABA (WEBBED)

A.     MENGIDENTIFIKASI TEMA DAN SUBTEMA DAN MEMETAKANNYA PEMETAAN TEMA
KEBUTUHANKU
MAKANAN & MINUMAN
PAKAIAN
KEBERSIHAN &KESEHATAN
KEAMANAN
·      Manfaat makanan dan minuman
·      Jenis makanan dan minuman
·      Asal makanan dan minuman
·      Tata tertib makanan dan minuman
·      Persyaratan makanan sehat
·      Alat makan dan minum
·      Tata cara menyajikan makanan dan minuman.
·      Manfaat pakaian
·      Cara memakai pakaian
·      Jenis – jenis pakaian
·      Pengunaan pakaian sesuai situasi
·      Pakaian daerah.
·      Manfaat kebersihan dan kesehatan
·      Cara memelihara kebersihan dan kesehatan
·      Alat-alat kebersihan
·      Akibat hidup tidak bersih
·      Macam-macam penyakit akibat tidak memelihara kebersihan dan kesehatan.
·         Cara mencegah bahaya akibat obat/ benda tertentu
 

















BAGAN JARING TEMA KECIL (SUB TEMA)


PAKAIAN
·      Baju
·      Kaos kaki
·      Celana
·      Kemeja
·      Rok
·      Kebaya
·      Baju bodo
·      Baju kurung
·         Yang benar
·         Yang salah
·         Sekolah ( seragam)
·         Musim dingin (Jaket)
Manfaat Pakaian
·         Keindahan
·         Kesehatan
·         Melindungi tubuh
Jenis-jenis Pakaian
Pakaian Daerah
Cara Memakai Pakaian
Pakaian Sesuai Situasi
 
























B.     MENGIDENTIFIKASI INDIKATOR PADA SETIAP KOMPETENSI 
BIDANG PENGEMBANGAN MELALUI TEMA DAN SUBTEMA

JARING KOMPETENSI DENGAN SUBTEMA PAKAIAN
PERILAKU
·      Membedakaan perbuatan benar atau salah
·      Berbuat baik sesame teman
·      Berbahasa sopan dalam berbicara.
KOGNITIF
·      Mengelompokkan benda
·      Membedakan konsep (banyak-sedikit, lebih-kurang, sama-tidak sama)
·      Menyusun kepingan puzzle
·      Menceritakan kembali sesuatu berdasarkan ingatannya.
BAHASA
·      Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal dan akhir yang sama
·      Menceritakan kejadian secara sederhana
·      Menjawab pertanyaan sederhana.
FISIK/ MOTORIK
·      Senam irama
·      Mengurus dirinya sendiri
·      Memegang pensil dengan benar
·      Menjahit bervariasi
·      Menggunting dengan berbagai model
SENI
·      Mengambar dari bentuk dasar titik, lingkaran dan segitiga
·      Mengekspresikan berbagai gerakan
·      Bermain warna dengan pola buatan guru
·      Mengucapkan syair dengan ekspresi.
SOSIAL EMOSIONAL
·         Memasang kancing/ resleting sendiri
·         Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
·         Mengurus dirinya tanpa bantuan orang lain.
PAKAIAN
1.      Manfaat pakaian
2.      Cara memakai pakaian
3.      Jenis-jenis pakaian
4.      Pengunaan pakaian sesuai situasi
5.      Pakaian daerah
 

3 komentar:

  1. Bun.. Bisa ditampilkan juga team makanan/subtemanya

    BalasHapus
  2. Soalnya begini bun.. Tentukanlah subtema until jaringan Tema makanan

    BalasHapus
  3. Subtema jaringan Tema makanan,, tolong dong bun.. Dibuatkan. Tugas kuliah bun mnta dijwanknka🙏🙏🙏🙏 082189318605

    BalasHapus